468x60 Ads

Wednesday 25 July 2012

Review LG ND4520 - Dock Audio Untuk Hampir Semua Gadget

Ada anggapan bahwa dock speaker untuk perangkat iOS seperti iPod, iPhone dan iPad biasanya dijual dengan harga yang tinggi. Namun LG membuktikan betapa salahnya anggapan tersebut melalui produk terbarunya, LG ND4520, yang harganya cukup terjangkau.

Konsep dan Desain

LG ND4520 akan menyapa Anda dengan desain yang cantik dan modern. Paduan warna hitam dan putih cukup netral untuk menghiasi ruang tamu atau ruang kerja yang berkonsep art deco atau minimalis modern. Desain melebarnya terlihat mirip seperti sound bar pendek, yang bedanya telah memuat dock untuk perangkat iOS mulai dari iPhone, iPod sampai iPad yang berukuran besar.

Untuk menjaga tampilannya agar tetap minimalis, LG hanya menyediakan 3 buah tombol; power, volume dan function. Terasa kurang lengkap? LG juga menyediakan aplikasi LG Bluetooth Remote yang dapat digunakan di perangkat Android dan iOS Anda.

Satu hal yang cukup menarik dari dock ini adalah tersedianya slot baterai. Ya, Anda dapat memilih mengalirinya langsung dengan arus listrik lewat colokan listrik atau jika sedang bermobilitas dapat mengandalkan 6 buah baterai AA untuk memberikan asupan tenaga listrik.



Fitur
Seperti disebutkan di atas, konektivitas dock ini tergolong lengkap dan praktis. Contoh, untuk memasangkannya dengan perangkat iOS, Anda tinggal langsung menancapkannya pada dock yang tersedia. Atau Anda juga dapat menghubungkan berbagai perangkat mulai dari smartphone sampai tablet PC menggunakan koneksi Bluetooh yang dimilikinya. 

Proses pairing dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Tidak punya gadget pemutar musik? Tenang, Anda bisa memutar musik yang tersimpan di flashdisk melalui port USB.

Mengingat sedikitnya pengaturan yang ditawarkan remote bawaan, LG menyediakan solusi lain. Anda dapat mengunduh aplikasi gratis, LG Bluetooth Remote, yang dapat menyulap perangkat iOS, smartphone dan tablet PC berbasis Android menjadi remote dengan koneksi Bluetooth.

Saya mencoba versi Android yang dapat diunduh gratis melalui Google Play. Dan ternyata dengan aplikasi ini, kemampuan sejati dock besutan LG ini baru terlihat. Menggunakan smartphone Android sebagai remote, saya dapat mengendalikan speaker dock ini dengan lebih leluasa. 

Ada beberapa opsi pengaturan yang hanya dapat diakses melalui aplikasi Android. Misalnya, preset sound effect yang tidak bisa diatur di remote bawaannya, tapi bisa dimaksimalkan hanya melalui aplikasi LG Bluetooth Remote. 

Selain itu saya juga dapat menikmati fitur-fitur tambahan miliknya seperti melihat playlist lagu-lagu yang sangat berguna jika sedang mendengarkan lagu lewat port USB, berpindah mode hanya lewat sentuhan jari, dan menikmati sejumlah preset efek suara (Normal, POP, Classic, Rock, Jazz) yang terbukti meningkatkan kualitas suara. Jadi pastikan Anda menggunakan aplikasi ini jika sudah memiliki LG ND4520.

Kinerja
Di bagian dalam, LG menyematkan dua buah driver berkekuatan 10 watt untuk mendongkrak performa suara dari perangkat iOS atau smartphone Anda. Hasil suara yang dihasilkan tergolong cukup baik untuk segala jenis musik dengan komposisi bass dan treble yang seimbang. Untuk volume, cukup keras saat digunakan memenuhi ruangan yang berukuran sedang seperti kamar tidur atau ruang kerja.

Bagi Anda yang gemar menikmati musik dengan dentuman bass kencang, audio dock ini mungkin kurang menghantam. Pasalnya, gebukan bass yang dihasilkan tergolong biasa saja. Tapi sebaliknya, jika Anda gemar mendengarkan lagu-lagu bergenre pop, rock, jazz atau akustik, audio dock ini masih dapat diandalkan dengan kualitas mid dan treble yang nyaman di telinga. 

Dengan tersedianya opsi preset EQ yang tersedia, Anda juga dapat merasakan kinerja suara yang lebih baik meski sebenarnya akan lebih lengkap jika hadir opsi EQ custom yang dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Kesimpulan
Desain modern dan minimalis, ditambah konektivitas yang lengkap dan tidak hanya untuk perangkat buatan Apple saja, membuat perangkat ini ideal untuk ditaruh di samping ranjang atau ruang kerja Anda. 

Hasil suara yang ditawarkan memang tidak istimewa, namun hal tersebut terbantu dengan opsi EQ preset yang tersedia. Bahkan LG ND4520 juga dapat dibawa bepergian, mengingat dock ini juga dapat menggunakan baterai AA sebagai sumber dayanya. Ditunjang banderol harga yang relatif terjangkau (sekitar Rp 1,35 juta), LG ND4520 layak dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan dock audio untuk berbagai perangkat.

Kelebihan:
+ Konektivitas Lengkap
+ Dukungan aplikasi untuk iOS dan Android sangat efektif untuk menjadikan perangkat iOS dan Android sebagai alat navigasi dan mengakses fitur tambahan
+ Harga terjangkau
+ Kualitas suara cukup baik untuk kelasnya
+ Opsi penggunaan baterai AA


Kekurangan
- Opsi preset EQ hanya tersedia pada aplikasi iOS dan Android
- Tidak tersedia layar LCD

0 Komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...