468x60 Ads

Saturday 18 August 2012

Pelatihan Blog Pelajar Hari Ketiga - Kunjungan ke Kebun Kelapa Sawit

Afdeling Alpha - Kalteng-Tech.Blogspot.Com

Kunjungan kekebun kelapa sawit CBI - 15 Agustus 2012 adalah hari terakhir kami melakukan pelatihan blog. kali ini kami mengunjungi Kebun Kelapa Sawit di kawasan Afdeling Alpha. Saat kami tiba disana yaitu sekitar pukul 05.00 WIB para pekerja telah melaksanakan Apel pagi.

Afdeling Alpha - Kalteng-Tech.Blogspot.Com
Para Pekerja Melaksanakan apel pagi
Para pekerja tampak sangat rapi didalam barisan. Apel pagi dimulai dengan pemberian pengarahan kepada pekerja, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu 'Mars Citra Borneo Indah'. Lalu para pekerja diabsen dan diberikan pengarahan kepada pekerja agar dapat bekerja dengan baik. Jumlah pekerja di Afdeling Alpha berjumlah sekitar 174 ( tidak termasuk mandor). Sekitar pukul 05.30 Apel pagi telah selesai dan para pekerja mulai pergi menuju tempat lokasinya masing-masing.




Afdeling Alpha - Kalteng-Tech.Blogspot.Com
Para Pekerja Mulai Bekerja
Sebelum para pekerja pergi bekerja kami sempat mewawancarai beberapa pekerja dan mandor. Salah satunya adalah Bapak Bonefasius. Beliau adalah seorang mandor yang telah bekerja di Citra Borneo Indah selama 6 tahun. Beliau memberi tahu kami bahwa disini ular Cobra dipelihara agar hama tikus tidak menyerang Pohon Kelapa Sawit. Peralatan yang digunakan untuk memanen Buah Kelapa sawit adalah Dodok (kalau enggak salah). 



Limbah Kelapa Sawit
Lalu kami pergi melihat langsung cara para pekerja memanen Kelapa Sawit. Setelah kami berjalan mencari pekerja yang memanen Buah Kelapa Sawit. kami malah tidak menemukan para pekerja. dan akhirnya karena tidak menemukan pekerja yang memanen buah kelapa sawit, Bapak Dedi Mulyanto mendatangi kami dan mengantar kami ketempat pemanenan kelapa sawit. sebelum kami pergi ke tempat pemanenan kelapa sawit kami diperlihatkan Limbah dari Kelapa Sawit. Lim
bah yang dulunya berwarna coklat akan menjadi berwarna hitam setelah 80 hari.

Buah Kelapa Sawit yang sudah masak
Saat kami tiba ditempat pemanenan kelapa sawit, kami dijelaskan mengenai tata cara memanen kelapa sawit dengan benar. o,iya Pohon Kelapa Sawit dapat dikatakan siap panen apabila ada 3/lebih TDS yang jatuh kebawah pohon Kelapa Sawit. Buah Kelapa Sawit yang telah dipanen akan dibawa menuju Pabrik Kelapa Sawit.

Semoga Bermanfaat!

0 Komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...