468x60 Ads

Saturday 13 July 2013

Tips Mudik Aman



                Alhamdulillahhirabbillamin. Bulan Ramadhan telah tiba, banyak tradisi yang dilakukan masyarakat dibulan yang mulia ini salah satunya yaitu mudik. Mudik seakan tidak terpisahkan lagi dengan datangnya bulan Ramadhan. Mudik itu sendiri artinya seseorang atau sekelompok orang yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama keluarga.
                “Dalam perjalanan harus memperhatikan keselamatan penumpang, karena Frekuensi pemudik di Pangkalan Bun pada tahun ini mengalami peningkatan. Kira kira sebanyak 10.000 – 15.000 pemudik baik melalui jalur laut, udara, maupun darat. Mayoritas pemudik berasal dari pekerja sawit.” jelas Pak Dartono selaku Wakil Kepala Pembina Urusan Operasi Satuan Lalu Lintas Kotawaringin Barat.
                Seperti yang telah dijelaskan oleh pak Dartono, dalam perjalanan mudik harus memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun penumpang lainnya. Berikut tips – tips yang dapat diikuti bagi anda yang sedang mudik khususnya pemakai kendaraan roda dua.
Sebelum anda mulai berangkat mudik, pastikan surat- kendaraan yang anda bawa telah lengkap. Jika perjalanan anda jauh disarankan menggunakan jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Jangan lupa dengan perlengkapan motor seperti Helm, Kaca Spion, lampu, rem, Tekanan ban dan lain lain.
Dalam perjalanan usahakan kendaraan tidak membawa beban yang terlalu berat. Jika anda membawa banyak barang dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan, lebih baik barang - barang tersebut anda titipkan kepada jasa pengantar barang / anda menggunakan travel.
Hal – hal yang harus selalu diperhatikan saat dalam perjalanan mudik adalah mengenakan alat keamana dengan benar, selalu berada dilajur kiri, mengurang kecepatan saat berkendara, apabila mengantuk disarankan untuk istirahat sejenak dan yang paling penting selalu taat kepada aturan rambu – rambu lalu lintas.

(RYM/RA/BBC)

4 Komentar:

tiket said...

bener bgt tuw, mudik pake' sepeda motor tuw emg aga' bahaya..
jdi hruz dlam keadaan fit jg badannya..

Reza Yusuf Maulana said...

iya sob, klo mau mudik mending mke kendaraan umum aja biar aman

Unknown said...

lebay lu gan sok imut tulisannya

Reza Yusuf Maulana said...

gpp lh, yg penting bikin tulisan sob

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...