468x60 Ads

Wednesday 26 June 2013

Habis Sunat, Apa harus Makan Tempe


                Habis sunat apa harus makan tempe? Tentu ini menjadi pertanyaan untuk setiap anak yang baru sunat.  Mungkin banyak anak yang merasa kurang enak makan tempe tiap hari dan tidak dibolehkan memakan telur ataupun daging oleh orang tua. Mitos ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi dari kakek nenek ke ayah ibu lalu ke kita semua. Lalu, apakah ini mitos atau fakta? Semoga dengan membaca tulisan ini anda dapat mengetahui kebenarannya.
                Ternyata larangan untuk tidak memakan daging maupun telur dan hanya dibolehkan memakan tempe pada saat masa penyembuhan sesudah disunat itu tidak benar. “makan tempe terus sehabis sunat membuatku merasa eneg karena tidak diperolehkan memakan makanan yang lain selain tempe” kata Rizki yang baru baru ini disunat. Tentu hal tersebut wajar, karena dipaksa memakan makanan yang sama hampir seminggu.
Menurut salah seorang dari instalasi Gizi RSUD Sultan Imanudin menyatakan bahwa, memakan tempe itu bagus karena terdapat Protein yang berfungsi membangun sel-sel. Sehingga mempercepat proses penyembuhan luka pasca sunat. Demikian juga daging dan telur, bahan makanan ini mengandung kadar protein yang cukup tinggi dan juga berguna sebagaimana tempe tadi.
                Ia juga menyarankan, agar memakan ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi seperti ikan Gabus atau lebih dikenal dengan ikan Haruan. Tetapi, agar lebih cepat sembuh sebaiknya merawat dan menjaga kebersihan luka juga memakan makanan yang bergizi dan seimbang.
                Sekarang sudah Tau kan kebenarannya bahwa sesudah sunat tidak harus selalu memakan tempe. Yang penting makan – makanan yang bergizi dan seimbang, kecuali bagi orang – orang yang alergi pada daging, ikan maupun telur. (RYM/RA/BBC)

1 Komentar:

Sehat jiwa dan raga said...

Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. sukses buat Anda.
http://infokesehattan.blogspot.com/

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...